Agama Islam 16 Mar 2017

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Pendidikan Agama Islam UIR

Pekanbaru - Dua Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamis (16/03) melakukan visitasi terhadap Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR). Dua Tim Asesor BAN PT yang melakukan visitasi tersebut adalah Dr. H. Samsol Hady., M.Ag dan Dr. H. Sangkot  Sirait, M.Ag.

Kedatangan dua Tim Asesor BAN PT pada hari pertama visitasi disambut langsung oleh Rektor UIR Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA dan jajaran Pimpinan UIR serta Dekan PAI Dr. Zulkifli Rusby., ME.Sy.

Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA, dalam sambutannya mengatakan dua Tim Asesor BAN PT ini mengharapkan bisa memberikan pembinaan kepada Prodi Pendidikan Agama Islam sehingga Prodi ini semakin meningkatkan kualitasnya.

"Kita mengharapkan Tim Asesor yang datang ini bisa memberikan masukan apa yang menajadi kekurangan serta motivasi bagaimana prodi PAI ini bisa lebih meningkatkan lagi kualitasnya sehingga Visi UIR 2020 unggul di Asia Tenggara bisa tercapai,"kata Rektor UIR.

Rektor UIR kepada Tim Asesor menjelaskan, bahwa Prodi PAI ini baru akan berakhir akreditasinya pada Agustus 2017 mendatang, namun Prodi PAI berkeinginan jauh sebelum masa akreditasi berakhir diajukan lagi akreditasi yang baru.

"Masa akreditasi PAI ini baru akan berakhir Agustus mendatang, tapi hari ini sudah dilakukan visitasi lagi. Ini saya nilai bentuk semangat yang tinggi, tentunya harapan kita nanti dengan visitasi ini Akreditasinya bisa meningkat lagi," kara Rektor UIR.

Rektor UIR Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA juga menyebutkan saat ini UIR memiliki 38 Prodi dengan jenjang pendidikan Diploma, sarjana dan magister. Dari 38 Prodi tersebut empat Prodi Akreditasi A, Dua Prodi Agreditasi C dan sisanya adalah Akreditasi B, termasuk Prodi PAI saat ini mendapatkan Akreditasi A.

"Tahun ini prodi kita yang akreditasi C juga akan divisitasi BAN PT borangnya kemarin sudah kita kirim. Dulunya Prodi ini Dapat Akreditasi C karena masih merupakan Prodi yang baru berdiri," jelasnya Rektor UIR. Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA.

Sementara itu, Tim Asesor BAN PT, Dr. H. Samsol Hady, M.Ag menjelaskan, bahwa mereka sudah melakukan asessment terhadap borang yang di kirim Prodi PAI. Kedatangan mereka ke UIR lebih kepada untuk melihat hal hal lain langsung yang bisa menambah penilaian, termasuk untuk pembuktian apa yang disampaikan dalam borang dengan fakta yang ada.

Samsol Hady menjelaskan akreditasi merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan BAN PT dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini kata Samsol Hady, jika dulu pemerintah menargetkan perguruan tinggi memiliki standar nasional, maka sekarang standar tersebut ditingkatkan menjadi standar internasional.

"Kami datang sebenarnya untuk melakukan tugas pembinaan terhadap prodi bagaimana prodi. Apalagi pemerintah menargetkan standar pendidikan Indonesia ketingkat internasional. Kalau begitu ini menjadi tantangan bagi prodi bahwa kita harus terus bergerak maju bagaimana kualitas kita bersiang ditingkat internasional,"katanya.

 Samsol Hady juga menjelaskan, bahwa mulai tahun ini tidak ada lagi peringkat Akreditasi A, B atau C tapi yang ada adalah terakreditasi dan tidak terakreditasi. Peringkat akreditasi hanya disebut Baik, Sangat Baik dan Unggul. 

[ Adm-UIR ]