Agama Islam 01 Des 2017

FAI UIR Tuan Rumah TEMU ILMIAH REGIONAL XII 2017

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR) menjadi tuan rumah Temu Ilmiah Regional (Temilreg) ke 12 Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah (HIMES) Wilayah Sumatra Bagian Tengah (Riau, Sumbar dan Jambi) yang diadakan tiga hari dari 30 November - 2 Desember 2017. Temilreg bertujuan sarana silturahmi kader serta membahas perkembangan Ekonomi Syari’ah Untuk Indonesia. Mengangkat tema “Strategi Fintech Syariah dalam Mengembangkan UMKM di Indonesia”. Temilreg diikuti oleh 19 Universitas Islam Sumatra Tengah.

Resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Ir. Rosyadi, M.Si (WR III) kegiatan Temilreg di UIR diantaranya seminar Nasional Ekonomi syariah pada hari pertama, Olimpiade Ekonomi Islam dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ekonomi Islam dan Talkshow Srikandi dihari kedua,  dan Field Trip To Kababupaten Siak pada Hari terakhir untuk memperkenalkan sejarah kerajaan Melayu Riau.

Dekan FAI UIR Dr. Zulkifly Rusby, ME.Sy pada sambutanya menyampaikan bahwa Ekonomi syariah harus semakin dikumandangkan karena negara kita yang mayoritas islam ini. ”Pada mulanya ekonomi ini bernama ekonomi islam, namun dikhawatirkan akan ada ekonomi Budha, ekonomi protestan ekonomi hindhu maka diubahlah menjadi eknomi syariah” Jelasnya.

Dekan mengucapkan banyak terimakasi kepada narasumber, pimpinan dan mahasiswa dalam menyukseskan acara ini. Narasumber pada seminar di hari pertama yakni Muhammad Rizky Rizaldy SE.MM.Msc dari Universitas Gunadarma dan Yusri yang dari Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Pekanbaru.
Wakil Rektor III berharap kegiatan seperti ini menjadi sarana pertukaran informasi syariah dari berbagai daerah.

Temilreg XII FoSSEI Sumbateng tahun ini terdiri dari 15 KSEI yaitu KSEI FE UNP, KSEI FOKUS, KSEI IQTISHAD, KSEI  ISECOST, KSEI UKK AL-IRSYAD, KSEI ALFATH, KSEI IQRA ANNISA, KSEI FE UNRI, KISEI SCEI UIN. KSEI FORGRES DUMAI, KSEI FORDEI UIN, KSEI NURUL ISLAM, KSEI SMQ BANGKO, KSEI AT-TAHIYAH, KSEI AL-ITTIHAD.


[ Humas UIR/ Magang Desy ]