Agama Islam 07 Des 2021

Sosialisasi Pengelolaan BUMDes Berbasis Syariah

Dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Senin, 6 Desember 2021 di Desa Makeruh Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Dengan tim pelaksana Dr. Zulkifli, MM., ME. Sy. Selaku Dekan FAI, Muhammad Arif, SE., MM. Selaku Ka. Prodi Ekonomi Syariah dan Hendra Eka Saputra, SE., M. SEI. Selaku Dosen Prodi Ekonomi Syariah.

Program Pengabdian kepada Masayarakat ini bertujuan untuk membina dosen dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat. Program ini dilatarbelakangi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, antara lain, ketidakmapanan sebagian besar masyarakat terhadap pembangunan kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat dalam era globalisasi, Ipteks perguruan tinggi belum secara sengaja ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat, potensi masyarakat maupun sumber daya alam di lingkungannya belum termanfaatkan dengan baik dan arif, serta penatakelolaan fisik kewilayahan yang belum proporsional dan profesional. Melalui program ini, semoga keberadaan BUMDes untuk pembangunan daerah pedesaan tentang pendirian, pengurusan & pengelolaan, dan pembubaran BUMDes dapat terlaksana dengan baik.

Acara yang dibawa oleh Hendra Eka Saputra, SE., M. SEI. dibuka oleh Kepala Desa yang sekaligus merupakan alumni Universitas Islam Riau berjalan dengan hikmat. Suksesnya rangkaian acara yang dimoderatori oleh Muhammad Arif, SE., MM dengan narasumber Dr. Zulkifli, MM., ME. Sy. Diapresiasi dengan baik oleh para peserta. 

Kegiatan ini dihadiri oleh segenap perangkat Desa setempat, Pengurus BUMDes, Pengurus Unit Usaha BUMDes, dan tokoh masyarakat. Acara ditutup dengan sesi Tanya jawab bersama tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat.

[ ADMIN FAI ]