Sejarah Fak. Agama Islam

Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru sebagai universitas tertua di Propinsi Riau dari masa ke masa selalu mengembangkan diri. Pengembangan diri tersebut sebagai tugas dan integritas dalam proses pengembangan value keislaman serta budaya Melayu pada masyarakat Indonesia bahkan Asia Tenggara. Hal ini kemudian menjadikan UIR Pekanbaru, dalam beberapa tahun terakhir berada pada peringkat sepuluh besar universitas swasta di Indonesia.

UIR Pekanbaru, yang terletak di pusat ibu kota Propinsi Riau, berkembang memberikan pencerahan pada masyarakat hingga memunculkan berbagai fakultas. Pemunculan berbagai fakultas ini sebagai respon positif atas kebutuhan keilmuan dalam laju perkembangan zaman. Saat ini UIR Pekanbaru memiliki delapan fakultas dan satu diantaranya adalah Fakultas Agama Islam (FAI). FAI UIR Pekanbaru terus mengembangkan kiprahnya dengan membuka berbagai program studi keislaman bertujuan melahirkan sarjana muslim berkarakter islami dan profesional yang berwawasan luas tentang ilmu pendidikan dan keislaman.

Sebelum berubah nama menjadi Fakultas Agama Islam (FAI) UIR Pekanbaru, fakultas ini dahulu bernama Fakultas Ushuluddin, adalah fakultas tertua dan satu-satunya fakultas agama di antara tujuh fakultas yang ada di lingkungan UIR Pekanbaru. Fakultas Ushuluddin UIR Pekabaru, sebagai cikal bakal munculnya FAI UIR Pekanbaru, secara resmi didirikan pada tangal 17 Mei 1969. Pada tahun 1977 dibuka program sarjana muda lengkap Jurusan Dakwah, dan pada tahun 1987/1988 mulai dibuka program sarjana lengkap dengan menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Pada tahun 1991 status Fakultas Ushuluddin meningkat menjadi “disamakan” sesuai dengan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 257/1991 tanggal 17 Oktober 1991. Fakultas Ushuluddin yang mengasuh Jurusan Dakwah mengalami perubahan karena Jurusan Dakwah menjadi fakultas tersendiri di lingkungan Penguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dengan dikeluarkan SK Menteri Agama Nomor: E/189/1996 tanggal 12 Nopember 1996, sekaligus terjadi perubahan nama Fakultas Ushuluddin menjadi Fakultas Agama Islam Jurusan Aqidah Filsafat dengan status “disamakan” dan Jurusan Komunikasi Penyiraan Islam (Dakwah) berstatus “terdaftar”.

 

Seiring dengan perubahan nama fakultas tersebut memberi peluang bagi pembukaan jurusan baru untuk merespon perkembangan zaman. Maka pada tahun 2000/2001 Fakultas Agama Islam (FAI) UIR Pekanbaru membuka jurusan baru yaitu Jurusan Syari’ah Program Studi Ekonomi Islam (EKIS) proram S1 dan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam  (PAI) program S1. Kedua jurusan ini yaitu Jurusan Tarbiyah Prodi PAI dan Jurusan Syari’ah Prodi Ekonomi Islam telah berstatus “terakreditasi” oleh BAN PT.

[ Admin Fai ]