A. UNIT PENJAMINAN MUTU FAI

1.1 Pengenalan Unit Penjaminan Mutu

    Penjaminan mutu berdasarkan Statuta UIR Tahun 2013 adalah kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan UIR secara berencana dan berkelanjutan. UPM FAI dibentuk berdasarkan SK Rektor Nomor 514/UIR/KPTS/2013 Tanggal 1 Desember 2013.

1.2. Program UPM

  1. Memastikan tersedianya dokumen mutu di tingkat Fakultas
  2. Bertanggungjawab dalam melaksanakan/mengimplementasikan dokumen mutu Fakultas
  3. Mengkoordinir Tim UPM dalam menjalankan fungsi, Tugas dan tanggungjawabnya
  4. Bersama Wakil Dekan Bidang Akademik melakukan monev implementasi dokumen mutu yang dijalankan UPM-Fakultas.

1.3 Tugas pokok dan fungsi UPM

    A. Tugas UPM

      Sebagai penggerak, pengendali, penjamin terlaksananya kegiatan sistem penjaminan mutu di tingkat fakultas/Pascasarjana dan program studi.

    B. Fungsi UPM

    1. Menyelenggarakan sistem penjaminan mutu fakultas sesuai dengan SN Dikti dan secara bertahap melampauinya sehingga terjadi peningkatan mutu yang berkelanjutan.
    2. Menyusun perangkat/dokumen yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik di tingkat fakultas/Pascasarjana/prodi.
    3. Pengimplementasian desain kendali mutu di level fakultas yang relevan dengan LPM
    4. Penyusunan jadwal pelaksanaan monev untuk program studi mengacu pada jadwal kerja LPM
    5. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik di prodi dengan berkoordinasi bersama Gugus Kendali Mutu (GKM)
    6. Melakukan pengendalian/perbaikan dan peningkatan mutu akademik dan non akademik di fakultas
    7. Melaporkan secara berkala hasil monitoring dan evaluasi kepada pimpinan fakultas/Pascasarjana dan LPM
    8. Koordinasi dengan pimpinan fakultas/Pascasarjana/prodi terkait tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi
    9. Pengaturan dan pengelolaan dokumentasi hasil pelaksanaan monev secara sistematis
    10. Fasilitator dengan auditor internal dalam pelaksanaan AMI di lingkup fakultas/Pascasarjana/prodi
    11. Pelaporan berbagai temuan dan ketidaksesuaian hasil audit kepada pimpinan fakultas
    12. Mengikuti rapat tinjauan manajemen (RTM) di level fakultas
    13. Berkoordinasi dengan LPM dalam melakukan pelatihan untuk meningkatkan mutu SDM
    14. Memfasilitasi program studi yang akan akreditasi tingkat nasional maupun internasional
    15. Mendorong tumbuhnya budaya mutu di setiap unit lingkungan fakultas

1.4 Pugas pokok dan fungsi ketua UPM

  1. Tugas pokok ketua UPM
  2. Mempunyai tugas dalam berkoordinasi dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di tingkat fakultas/Pascasarjana

  3. Fungsi Ketua UPM
  4. Dalam melaksanakan tugas pokoknya ketua UPM memiliki fungsi dalam:

    1. Penyusunan dan pengajuan rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAT) UPM/GKM
    2. Perencanaan dan pembuatan dokumen dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu fakultas
    3. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu di fakultas dan pemantauan pelaksanaan tersebut (monev)
    4. Pelaporan secara berkala kepada pimpinan fakultas dan LPM tentang pelaksanaan sistem penjaminan mutu fakultas termasuk hasil monitoring dan evaluasi agar upaya tindak lanjut dapat ditentukan untuk perbaikan dan peningkatan standar mutu fakultas.

1.5 Tugas pokok dan fungsi sekretaris UPM

  1. Tugas pokok sekretaris UPM
  2. Mempunyai tugas membantu ketua UPM dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu di tingkat fakultas

  3. Fungsi sekretaris UPM
  4. Dalam melaksanakan tugas pokoknya sekretaris UPM memiliki fungsi dalam:

    1. mewakili ketua ketika berhalangan dalam menjalankan tugas
    2. menyusun draft RKAT UPM dengan menerima usulan dari masing-masing GKM
    3. mengkoordinasikan kegiatan internal administrasi dan mengelola web UPM
    4. mengkoordinasikan penyusunan laporan seluruh kegiatan UPM.

1.6 Tugas pokok dan fungsi GKM di prodi

  1. Tugas pokok ketua GKM
  2. Mempunyai tugas dalam koordinasi dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di tingkat program studi

  3. Fungsi GKM
  4. Adapun fungsi GKM adalah

    1. Membantu UPM membuat dokumen dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu di program studi
    2. Membantu UPM dalam memantau pelaksanaan sistem penjaminan mutu tersebut (monev)
    3. Membuat laporan seluruh kegiatan GKM

Visi Unit Penjaminan Mutu FAI

"Menjadi lembaga yang profesional dalam menyelenggarakan penjaminan mutu dan mengembangkan budaya mutu sehingga terwujud UIR Unggul dan terkemuka di Asia Tenggara Tahun 2020"

Misi Unit Penjamina Mutu FAI

  1. Mendorong tumbuhnya budaya mutu di lingkungan Fakultas
  2. Membangun dan mengembangkan model sistem penjaminan mutu
  3. Memastikan implementasi model sistem penjaminan mutu di lingkungan Fakultas
  4. Memastikan evaluasi terhadap model sistem penjaminan mutu berjalan dengan baik
  5. Melakukan perbaikan yang berkesinambungan dalam rangka tercapainya pelaksanaan dan sistem penjaminan mutu
  6. Menjamin tercapainya akreditasi institusi dan akreditasi program studi sesuai dengan sasaran mutu Fakultas
  7. Memastikan kepuasan pelanggan dan pemangku kepentingan di Fakultas terpenuhi

Struktur Organisasi UPM

Untuk Melihat Struktur Organisasi UPM Silahkan Lihat Disini

Dokumen SPMI UIR

Untuk Melihat Dokumen SPMI UIR Silahkan Lihat Disini

Pedoman Monev

Untuk Melihat Pedoman Monev Silahkan Lihat Disini

Laporan Monev

Untuk Melihat Laporan Monev Silahkan Lihat Disini

Laporan AMI

Untuk Melihat Laporan AMI Silahkan Lihat Disini