Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam

"Pusat keunggulan studi Pendidikan Agama Islam dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia tahun 2020"

Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aktual dalam rangka pengembangan Pendidikan Agama Islam
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka menggali dan merumuskan pemikiran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan pembangunan nasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu pendidikan agama Islam kepada stakeholder/masyarakat.
  4. Mendakwahkan dan menerapkan nilai-nilai Islam melalui pendidikan dan pengajaran.

Tujuan Pendidikan Agama Islam

Berdasarkan Visi dan Misi Prodi PAI FAI Universitas Islam Riau tersebut di atas, maka untuk merealisasikannya ditetapkan 4 (empat) tujuan pencapaian. Tujuan PS-PAI FAI Universitas Islam Riau tersebut adalah:

  1. Menghasilkan lulusan atau sarjana pendidikan agama Islam yang mampu menjadi tenaga pendidik bidang studi Pendidikan Agama Islam di MI/SD, SLTP/MTs, SMK/MAPK, SLTA/MA yang menguasai falsafah, metode, konsep dan teori ilmu Pendidikan Agama Islam serta memiliki kemampuan sebagai pelaksana pendidikan dan pembelajaran agama Islam dan mampu memberikan pelayanan, pemberdayaan pada masyarakat, penggerak pembangunan sesuai perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam guna menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan pengabdian yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam menjawab permasalahan di bidang Pendidikan Agama Islam.
  4. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Pendidikan Agama Islam

Sasaran dalam penyelenggaraan PS-PAI FAI UIR adalah sebagai berikut:

  1. Sasaran dari Tujuan Pertama:
    • a. Kurikulum berbasis kompetensi sesuai perkembangan dan kebutuhan kajian ilmu Pendidikan Agama Islam dan keterserapan dunia kerja

      b. Kualitas dan Kuantitas dosen 84 % memiliki keahlian di bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam ditunjukkan dengan tingkat pendidikan doktor (S3).

      c. Lulusan menguasai teori keilmuan Pendidikan Agama Islam yang mencakup mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam, Perencanaan Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran PAI, Evaluasi Pembelajaran PAI, dengan nilai A 84% dan rata-rata IPK minimal 3,4.

  2. Sasaran dari tujuan kedua:
    • a. Dosen tetap Prodi Pendidikan Agama Islam terlibat aktif secara konsisten dalam penelitian individu, kelompok, maupun penelitian yang melibatkan mahasiswa

      b. Hasil penelitian mahasiswa masuk dalam jurnal

      c. Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan di bidang Pendidikan Agama Islam

      d. Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dapat menjadi referensi bagi masyarakat dan akademisi pendidikan agama Islam.

  3. Sasaran dari tujuan ketiga:
    • a. Dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dalam bentuk pendampingan kepada masyarakat untuk menciptakan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam.

      b. Dosen tetap menjadi tenaga ahli pada instansi pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang ada.

      c. Mahasiswa berperan aktif secara konsisten untuk terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan.

      d. Hasil pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dapat menjadi referensi bagi akademikisi dan masyarakat.

  4. Sasaran dari tujuan keempat:
    • a. Membudayakan nilai-nilai Islam dalam menciptakan kampus yang madani.

      b. Kurikulum yang disajikan memuat penanaman nilai-nilai Islam yang meliputi mata kuliah Pendidikan Akidah, Pendidikan Akhlak, Pengantar Studi Agama Islam, Ulumul Qur’an, Ilmu Tasawuf, Ulumul Hadits, Ushul Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam yang tergabung dalam ilmu-ilmu Agama Islam.

      c. Mahasiswa memiliki etika dan moral yang berkarakter Islami.

      d. Dosen dan tenaga kependidikan terlibat aktif dalam kegiatan pembinaan akhlak di kampus dan masyarakat.


Guna mencapai sasaran di atas, berdasarkan Rencana Induk Pengembangan (RIP Tahun 2010-2010) dan Rencana Strategi (Renstra Tahun 2010-2015) dan Rencana Operasional (Renop), yang menggambarkan upaya-upaya pencapaian dan perwujudan visi yang diwujudkan dalam bentuk:

  1. Strategi Jangka Pendek (2010-2011)
    • a. Bidang Pendidikan

      b. Bidang Penelitian

      c. Bidang Pengabdian Masyarakat

      d. Bidang Dakwah Islamiah

  2. Strategi Jangka Menengah (2010-2015)
    • a. Bidang Pendidikan

      b. Bidang Penelitian

      c. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

      d. Bidang Dakwah Islamiyah

  3. Strategi Jangka Panjang (2010-2020)
    • a. Bidang Pendidikan

      b. Bidang Penelitian

      c. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

      d. Bidang Dakwah Islamiyah

Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Untuk Melihat Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam Silahkan Lihat Disini