Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam

"Pusat keunggulan studi Pendidikan Agama Islam dan pengembangan sumber daya manusia di Asia Tenggara tahun 2041"

Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aktual dalam rangka pengembangan Pendidikan Agama Islam.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka menggali dan merumuskan pemikiran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan pembangunan nasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu pendidikan agama Islam kepada stakeholder/masyarakat.
  4. Mendakwahkan dan menerapkan nilai-nilai Islam melalui pendidikan dan pengajaran.

Tujuan Pendidikan Agama Islam

Berdasarkan Visi dan Misi Prodi PAI FAI Universitas Islam Riau tersebut di atas, maka untuk merealisasikannya ditetapkan 4 (empat) tujuan pencapaian. Tujuan PS-PAI FAI Universitas Islam Riau tersebut adalah:

  1. Menghasilkan lulusan atau sarjana pendidikan agama Islam yang mampu menjadi tenaga pendidik bidang studi Pendidikan Agama Islam di MI/SD, SLTP/MTs, SMK/MAPK, SLTA/MA yang menguasai falsafah, metode, konsep dan teori ilmu Pendidikan Agama Islam serta memiliki kemampuan sebagai pelaksana pendidikan dan pembelajaran agama Islam dan mampu memberikan pelayanan, pemberdayaan pada masyarakat, penggerak pembangunan sesuai perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam guna menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan pengabdian yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam menjawab permasalahan di bidang Pendidikan Agama Islam.
  4. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Pendidikan Agama Islam

Sasaran dalam penyelenggaraan PS-PAI FAI UIR adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan menerapkan konsep Student Center Learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah (problem based learning/PBL), melakukan up-dating bahan ajar, kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.
  2. Peningkatan kualitas hasil penelitian melalui publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah yang didukung oleh fakultas dan universitas serta memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional dan internasional yang bermutu.
  3. TPeningkatan kualitas isi penelitian melalui pengembangan penelitian dasar dan penelitian terapan yang memuat prinsip- prinsip kemanfaatan, kemutakhiran dan mengantisipasi kebutuhan masa mendatang.
  4. Peningkatan kualitas hasil PkM yang berorientasi pada penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika yang relevan, pemanfaatan teknologi tepat guna, bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, atau bahan ajar atau modul pelatihan untuk pengayaan sumber belajar;

Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam

Untuk Melihat Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam Silahkan Lihat Disini