Sejarah Pendidikan Bahasa Arab

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Riau (UIR), diawali dari harapan besar para pendiri prodi dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) yang menaungi UIR. Semua bermula dari diutusnya Dr. Saproni, M.Ed dari Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) dan Najmi Hayati, M.Ed dari Fakultas Agama Islam(FAI) , oleh Rektor UIR pada akhir tahun 2014, untuk menghadiri Konferensi Internasional Bahasa Arab, yang diadakan di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sepulangnya dari acara tersebut di atas, muncullah sebuah keinginan untuk terwujudnya prodi bahasa arab di UIR. Hal ini kemudian dikomunikasikan dengan pihak YLPI Riau, dan mendapat dukungan moril yang besar agar keinginan mulia di atas bisa terwujud di UIR.

Permasalahan awal yang muncul adalah pertanyaan, Prodi PBA akan diusahakan dibuka di FKIP atau FAI. Dikarenakan DR. Saproni, M.Ed yang mempunyai latar belakang keilmuan dibidang Pendidikan Bahasa Arab, sebagai dosen tetap di FKIP pada waktu itu, maka proposal pengajuan dibukanya prodi PBA berasal dari FKIP. Maka disusunlah tim perumus PBA yang diketuai oleh Dr. Saproni, M.Ed dan dianggotai oleh Harif Supriady, MA dan kawan-kawan, dan di SK kan oleh dekan FKIP pada saat itu, dan mendapatkan bimbingan yang intensif serta dukungan yang sangat besar dari Dr. Elvis, M.Pd, selaku Wakil Dekan I bidang akademik FKIP.

Proposal diajukan ke Kemenristekdikti RI melalui Kopertis Wil. X Padang, sebanyak dua kali pada tahun 2015 dan tahun 2016. Namun proposal pendirian belum kunjung mendapatkan izin dari pemerintah RI, alias belum berhasil.

Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang, begitulah kira-kira pribahasa yang menggambarkan semangat kawan-kawan tim perumus. Dalam kondisi usaha untuk yang ketiga kalinya dalam rangka upload berkas proposal pendirian prodi PBA melalui FKIP, datanglah tawaran kepada DR. Saproni, M.Ed Dkk, dari Dr. Zulkifli, MM, M.ESy, selaku Dekan FAI yang baru terpilih pada akhir tahun 2016, untuk bergabung dengan FAI dan mengajukan pendirian PBA melalui jalur Kopertais.

Diundanglah DR. Saproni,M.Ed Dkk, untuk mempresentasikan prospektus Prodi PBA dihadapan majelis Dosen FAI pada awal tahun 2017, dan dari presentasi yang disampaikan, menjadi bahan pembahasan sidang majelis Dosen untuk memutuskan apakah prodi PBA diterima untuk diajukan melalui FAI atau tidak diterima. Setelah terjadi tarik ulur antara dosen FAI, baik dosen-dosen yang optimis dengan masa depan PBA dan yang pesimis dengan masa depan Prodi PBA, maka akhirnya diambillah sebuah keputusan bahwa Dr. Saproni, M.Ed diterima menjadi dosen FAI dan pengajuan proposal pengajuan Prodi PBA difasilitasi oleh FAI untuk diajukan melalui jalur Kopertais.

Akhirnya, atas berkat Rahmat dan Keutamaan Allah, SWT sajalah. Maka, Pada tanggal 31 Juli 2017 M, bertepatan dengan tangal 7 Dzul Qo'dah 1438 H, Prodi PBA mendapatkan izin operasional dari Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI No: 4142/2017.

Adapun kurikulum periode pertama yang menjadi acuan sedari awal pendirian Prodi PBA UIR adalah, kurikulum yang mengacu kepada KKNI dan kurikulum yang disusun oleh asosiasi pengajar bahasa Arab Indonesia (IMLA).

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

"Mewujudkan Program Studi Prndidikan Bahasa Arab yang profesional, unggul dan kompetitif dalam menghasilkan tenaa pendidik dan kependidikan bahasa arab yang memiliki kompetensi sebagai guru dan tenaga kependidikan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika islami serta meemiliki nilai kebangsaan 2025"

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa arab yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi, adaptif, beriman dan bertaqwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia, cinta tanah air, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.
  2. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang berorientasi pada integrasi antara keilmuan bahasa arab, pendidikan bahasa arab dan ilmu-ilmu keislaman dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi lulusan.
  3. Mempersiapkan lulusan yang kreatid, inovetaf serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga mampu diimplementasikan pada pembelajaran bahasa arab di pendidikan dasar dan menengah.
  4. Mengembangkan strategi pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab.
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan, keterampilan dan kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan diri di masyarakat.
  6. Meningkatkan kerja sama yang sinergis dengan pengelola pendidikan tingkat daerah, nasional dan regional dalam rangka distribusi penggunaan lulusan Pendidikan Bahasa Arab dan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab.
  7. Menyiapkan Alumni yang mampu bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya di daerah, nasional dan regional.

Tujuan Pendidikan Bahasa Arab

Tujuan prodi adalah :

  1. Sarjana pendidikan bidang pendidikan bahasa arab bertaqwa, berbudi luhur dan berkualitas yang mampu berkompetisi dalam skala lokal, nasional dan global.
  2. Sarjana pendidikan yang mampu dan terampil berbahasa Arab lisan dan tulisan;
  3. Sarjana pendidikan yang profesional bidang pembelajaran bahasa Arab;
  4. Sarjana pendidikan yang mampu melakukan penelitian bidang pendidikan bahasa Arab;
  5. Sarjana pendidikan yang berkepribadian mandiri dan berjiwa enterpreneurship.
  6. Sarjana Pendidikan yang mampu menjalin kerja sama dengan masyarakat dalam rangka mengembangkan pembelajaran bahasa arab.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Pendidikan Bahasa Arab

Adapun sasaran yang akan dicapai prodi adalah :

  1. Program studi Pendidikan Bahasa Arab sebagai salah satu rujukan dalam pembelajaran Bahasa Arab di semua lembaga pendidikan bahasa arab pada level dasar dan menengah.
  2. Tenaga pendidik bahasa arab memiliki kemampuan dalam bidang keilmuan bahasa arab, ilmu-ilmu keislaman dan bidang kependidikan.
  3. Tenaga pendidik bahasa arab memiliki kemampuan dalam bidang keahlian di bidang teknologi dan masyarakat.
  4. Mengimplementasikan kurikulum yang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional sehingga lulusan dapat berguna di masyarakat, bangsa dan negara.
  5. Memiliki matakuliah enterprenurship sehingga lulusan dapat diterima dalam dunia kerja atau mampu menciptakan lapangan kerja dan akan menyedot banyak tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran

Adapun Strategi pencapaiannya program studi Pendidikan Bahasa Arab adalah :

  1. Selalu mematuhi asas terhadap segala kesepakatan dan aturan yang ditetapkan maupun terhadap rencana yang sudah ditetapkan. Seperti aturan kepegawaian, kemahasiswaan serta statuta dan renstra yang disusun.
  2. Selalu mematuhi semua ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah, baik mengenai aturan ketenagaan maupun tentang manajemen akademik di Perguruan Tinggi. Seperti ketentuan akreditasi, persyaratan ketenagaan dan lain-lain.
  3. Meningkatkan kualitas dosen dan karyawan. Seperti, dengan memberi kesempatan menlanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta memberikan kesempatan mengikuti seminar dan sebagainya. Demikian juga terhadap karyawan yaitu dengan memberikan pelatihan secara berkala.
  4. Memberikan reward and punishment terhadap yang berprestasi atau yang melanggar aturan.
  5. Meningkatkan pemenuhan sarana prasarana sesuai dengan tuntutan kemajuan teknologi
  6. Mengupayakan sumber pendanaan selain dari mahasiswa.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

  1. Struktur Program MK - Struktur Kurikulum - Sebaran MK
  2. Untuk melihat Struktur Program MK - Struktur Kurikulum - Sebaran MK PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, silahkan dilihat disini

  3. Rekap nilai prodi pendidikan bahasa arab mk ilmu al-lughah an-nafsy
  4. Rekap nilai prodi pendidikan bahasa arab mk ilmu al-lughah an-nafsy, silahkan dilihat disini

  5. RPS dan Kontrak Kuliah
  6. Untuk melihat RPS dan Kontrak Kuliah PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, silahkan dilihat disini

  7. Pemetaan CPL dan Bahan Kajian
  8. Untuk melihat Pemetaan CPL dan Bahan Kajian PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, silahkan dilihat disini

  9. Kesesuaian CPL dengan Profil dan KKNI
  10. Kesesuaian CPL dengan Profil dan KKNI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, silahkan dilihat disini

  11. Peta Kurikulum Prodi PBA-FAI UIR
  12. Untuk melihat Peta Kurikulum PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, silahkan dilihat disini