Sejarah Perbankan Syariah

Program Studi Perbankan Syariah merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Pendirian Program Studi Perbankan Syariah atas inisiasi dari Dr. Zulkifli, MM. ME.Sy yang ketika itu menjabat sebagai Dekan Fakultas agama Islam bersama dengan pimpinan Fakultas Agama Islam lainnya. Beliau melihat potensi dan peluang yang besar atas pendirian Program Studi tersebut dengan berkaca kepada kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Perbankan Syariah kedepannya. Sehingga Beliau langsung membentuk tim penyusunan dan perumusan proposal pendirian Program Studi Perbankan Syariah yang di ajukan terlebih dahulu ke Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri untuk mendapatkan surat rekomendasi pendirian prodi dan kemudian baru di ajukan ke DIKTIS - Kemenag untuk memperoleh SK pendirian prodi.

Program Studi Perbankan Syariah berdiri sejak 31 Juli 2017 dengan diterbitkan Surat keputusan Direktur jenderal Pendidikan Islam nomor 4142 Tahun 2017 tentang izin Penyelenggaran Program Studi pada Program Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta. Berdasarkan Surat keputusan tersebut Program Studi Perbankan Syariah memulai proses pelaksanaan pendidikan dan pengajaran pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan merekrut 5 orang mahasiswa dan 5 orang tenaga pengajar. Adapun kelima tenaga pengajar tersebut adalah :

  1. Zulfadli Hamzah, B.IFB., M.IFB (Bidang Kepakaran : Perbankan dan Keuangan Islam)
  2. Ficha Melina, SE.Sy., ME (Bidang Kepakaran : Ekonomi Syariah)
  3. Mufti Hasan Alfani, SE.Sy., ME (Bidang Kepakaran : Ekonomi Syariah)
  4. Putri Nuraini, SE.Sy., ME (Bidang Kepakaran : Ekonomi Syariah)
  5. Rahmawati, SE.I., ME (Bidang Kepakaran : Ekonomi Syariah)

Pada tahun 2018, Program Studi Perbankan Syariah menerbitkan sebuah jurnal ilmiah yang bernama Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance. Jurnal tersebut memuat penelitian-penelitian tentang Perbankan Syariah dan Lembaga Keuangan syariah lainnya. Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance terbit 2 kali setahun yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal tabbarru : Islamic Banking and Finance di pimpin oleh Zulfadli Hamzah, B.IFB., M.IFB sebagai Editor In Chief dan Putri Nuraini, SE.Sy., ME sebagai Manager Editor. Tujuan pendirian jurnal ini untuk memudahkan para dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang telah mereka lakukan.

Pada tanggal 1 September 2020, Program Studi Perbankan Syariah sudah terakreditasi dengan peringkat "BAIK" oleh BAN-PT dengan diterbitkannya SK nomor : 4999/SK/BAN-PT/S/IX/2020 tentang Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Perbankan Syariah Pada Program Sarjana Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru. Hasil Peringkat Akrditasi tersebut berlaku selama 5 tahun sampai dengan tanggal 1 September 2025.

Visi Program Studi Perbankan Syariah

"Menjadi Pusat Keunggulan Studi Ilmu Keuangan dan Perbankan Syariah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Provinsi Riau Tahun 2020"

Misi Program Studi Perbankan Syariah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran mengenai ilmu keuangan dan perbankan syariah yang berkualitas, tepat guna dan memiliki daya saing.
  2. Melakukan penelitian yang kreatif dan inovatif mengenai ilmu keuangan dan perbankan syariah serta mempublikasikannya baik nasional, regional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggung jawab sosial kemasyarakatan secara berkesinambungan dalam rangka pengembangan ilmu-ilmu keuangan dan perbankan syariah.
  4. Menyelenggarakan dakwah islamiah untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman di bidang akademik.
  5. Menjalin kerjasama dengan pemangku kebijakan, dan lembaga keuangan syariah lainnya yang saling menguntungkan, baik dalam maupun luar negeri, berlandaskan akhlakul karimah serta membangun jejaring alumni.

Tujuan Perbankan Syariah

Tujuan prodi adalah :

  1. Menghasilkan Lulusan Program Studi Perbankan Syariah yang berkualitas, memiliki Kompetensi, berjiwa Kewirausahaandan berdaya saing tinggi baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional
  2. Menghasilkan penelitian yang kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi pengembangan IPTEK dan mengarah kepada publikasi nasional dan Internasional.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong potensi SDM dan SDA dalam rangka mengingkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.
  4. Mewujudkan pembinaan nilai-nilai spiritual yang terintegrasi dan terlaksananya budaya akademik yang kreatif, inovatif, memiliki etos kerja dan kecakapan hidup yang berguna ditengah masyarakat.
  5. Menghasilkan Kerjasama dengan lembaga pendidikan dan dunia usaha baik pemerintah maupun swastadi tingkat lokal, nasional maupun internasional serta terwujudnya silahturahmi secara intensif dengan alumni untuk membangun kejayaaan dan kelanggenan program studi.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Perbankan Syariah

Adapun sasaran yang akan dicapai prodi adalah :

  1. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek pembelajaran dan akademis pada setiap semester minimal 85%.
  2. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek minat dan bakat pada setiap semester minimal 85%.
  3. Setiap perkuliahan dilengkapi dengan silabus, satuan acara perkuliahan, dan bahan ajar.
  4. Tingkat kehadiran dosen di ruang kuliah setiap semester minimal 75%.
  5. Tingkat kehadiran mahasiswa di ruang kuliah setiap semester minimal 75%.
  6. Tingkat pelayanan dan kerja para karyawan setiap semester minimal 75%.
  7. Tingkat kerjasama dengan masyarakat dunia usaha minimal 50%.

Strategi pencapaiannya dijabarkan dalam program jangka pendek (1 tahun) ; jangka menengah(2-5 tahun) dan jangka panjang (5-10 tahun).

  1. Melakukan sosialisasi visi dan misi, serta kompetensi program studi secara intensif.
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi perkuliahan secara teratur dari fakultas dan jurusan.
  3. Memotivasi, memfasilitasi dan mengevaluasi dosen dalam menyusun silabus, satuan acara perkuliahan (SAP), dan bahan ajar.
  4. Berpartisipasi aktif dalam pertemuan kolegial.
  5. Menempatkan mahasiswa melakukan praktek pengalaman lapangan di berbagai instansi terkait.
  6. Memotivasi dan mengevaluasi kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan dan fasilitas di jurusan.
  7. Menyediakan dan mengevaluasi fasilitas sarana prasarana yang ada di fakultas dan jurusan.
  8. Melakukan kerjasama, hubungan network dan membuka jaringan informasi dengan masyarakat dunia usaha.

Kurikulum Prodi Perbankan Syariah

  1. Jumlah SKS Program Studi (Minimum untuk kelulusan): 148 sks yang tersusun sebagai berikut:

  2. Jenis Mata Kuliah
    (1)
    SKS
    (2)
    Keterangan
    (3)
    Mata Kuliah Wajib
    138
    Mata kuliah wajib ini terdiri dari 71 total matakuliah yang tersedia
    Jumlah Total
    148
  3. Struktur Kurikulum Berdasarkan Urutan Mata Kuliah (MK) Semester demi Semester
  4. Untuk melihat struktur kurikulum PRODI PERBANKAN SYARIAH, silahkan diunduh disini

  5. Pemetaan Kelompok Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran
  6. Untuk melihat pemetaan kelompok mata kuliah dan capaian pembelajaran PRODI PERBANKAN SYARIAH, silahkan dilihat disini

  7. Format penilaian PS perbankan syariah
  8. Format penilaian PS PRODI PERBANKAN SYARIAH, silahkan dilihat disini

  9. RPS dan Kontrak Kuliah
  10. Untuk melihat RPS dan Kontrak Kuliah PRODI PERBANKAN SYARIAH, silahkan dilihat disini

  11. Survei kepuasan mahasiswa T.A 2019/2020
  12. Untuk melihat survei kepuasan mahasiswa PRODI PERBANKAN SYARIAH T.A 2019/2020, silahkan dilihat disini

  13. Capaian Pembelajaran
  14. Untuk melihat Capaian Pembelajaran silahkan lihat disini